MRT Jakarta





Berikut ini Maxsum sampaikan info mengenai proyek transportasi massal jakarta, Jakarta Mass Rapid Transit (JMRT).
Sejauh ini telah ada 8 paket kontrak yang telah ditandatangani secara terpisah (CP101-108) untuk pembuatan jalur Selatan-Utara yang dibagi menjadi 2 phase/tahap.



(Phase 1) dari Lebak Bulus - Bundaran HI yg dibagi menjadi 2 Section, Lebak bulus - Sisingamangaraja (Elevated/Layang), Senayan - Bundaran HI (Underground/Bawah tanah). target 2018 selesai dan beroperasi.



Untuk selanjutnya (phase 2) dilanjutkan dari Bundaran HI - Kp.Bandan yg dibangun dibawah tanah / Underground. target 2020 selesai dan beroperasi, Studi kelayakan untuk tahap 2 ini telah selesai.



Selanjutnya yang masih dalam tahap Studi Kelayakan yaitu jalur Timur-Barat dari Tangerang - Cikarang (Alternatif 1) atau jalur Balaraja-Bekasi (alternatif 2) yg kemungkinan selesai 2024-2027.
berikut ini ilustrasi prediksinya





Pengerjaan mega proyek transportasi massal ini dilakukan secara transparan dan bisa kita pantau di situs resmi MRT Jakarta, Proyek ini dikerjakan oleh beberapa Kontraktor Luar dan Lokal yang sebagian tergabung dlm beberapa konsorsium.



Berikut ini adalah Konsorsium dan Paket Kontrak yang dikerjakan:

Konsorsium SOWJ Joint Venture:
Shimizu, Obayashi, PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT. Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. mengerjakan CP 104 dan CP 105 (Underground)



CP 106 (Underground) dikerjakan oleh SMCC-HK Joint Operation:
Sumitomo Mitsui Construction Company dan PT. Hutama Karya (Persero).



CP 101 dan CP 102 (Elevated) dikerjakan Konsorsium Tokyu-WIKA Join Operation (TWJO)



Konsorsium Obayashi-Shimizu-Jaya Konstruksi untuk CP 103 (Elevated)


CP 107 (Railway Systems & Trackwork) dikerjakan oleh Metro One Consortium (MOC):
Mitsui, Kobelco, Toyo, PT.IKPT.



CP 108 (Rolling Stock/Kereta Listrik) oleh Sumitomo Corporation.



Itulah sedikit info yang Maxsum kumpulkan dan rangkum dari berbagai sumber dan info dari situs resmi JMRT, dengan tujuan agar kita bisa sama-sama mendukung dan memantau proyek ini agar bisa selesai tepat waktu dan kita nikmati, karna kelancaran ransportasi adalah hak dan kewajiban kita bersama.



Kedepannya jika ada perubahan data dan fakta yang tidak sesuai artikel ini diluar dari tanggung jawab penulis, untuk info teraktual dan terpercaya tentang MRT silahkan kunjungi situs resmi JMRT.
www.jakartamrt.co.id.

Sebagai penutup agar kita lebih paham tentang MRT, mari kita saksikan 2 video berikut ini.











(msn/msrv)

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © Maxsum News. Designed by OddThemes & VineThemes